Wednesday, December 21, 2016

ternyata mengkonsumsi berbahaya bagi kesehatan karena....

Ikan tuna adalah ikan yang punya kemampuan berenang lumayan cepat yaitu mencapai sekitar 77 km per jam. Ikan tuna memang cukup lezat dan banyak sekali penyuka daging ikan tuna tersebut. Dagingnya berwarna merah muda sampai merah tua, memang warna daging ikan ini tidak lazim seperti ikan lainnya yang memiliki warna putih. Kebanyakan ikan tuna memiliki tubuh yang lumayan besar dan oleh karena itu ikan ini termasuk ikan yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi.
Memakan ikan memang selalu terselip untung rugi atau bahaya dan manfaat, begitu juga dengan ikan tuna. Mengkonsumsi ikan tuna memang mempunyai bahaya dan manfaat, walaupun manfaatnya sangat besar tapi kita juga patut mewaspadai resiko bahaya yang mungkin ditimbulkan dari ikan tuna. Berikut ini ulasannya.

Bahaya dan Manfaat Ikan Tuna Ketika Dikonsumsi
Ikan Tuna menjadi berbahaya ketika dikonsumsi berlebihan kepada ibu hamil karena ikan tuna memiliki kandungan merkuri. Merkuri yang berlebihan memang tidak baik untuk janin karena dapat mengakibatkan resiko gangguan otak. Untuk menghindari ini ibu hamil tidak diperkenankan untuk terlalu banyak mengkonsumsi merkuri.
Selain merkuri yang perlu diwaspadai adalah duri. Duri ikan yang tajam memang berbahaya saat anda memakannya. Banyak kejadian makan ikan sampai duri tertelan dan tersangkut di tenggorokan. Untuk menanggulanginya anda bisa menghilangkan duri ikan pada saat atau sebelum proses memasak.

Manfaat Ikan Tuna Untuk Kesehatan
Disamping ada bahaya pada ikan tuna, akan tetapi manfaatnya pun juga banyak sekali. ini dia manfaat ikan tuna :
1. Ikan Tuna Menyehatkan Jantung
Anda dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular dengan mengkonsumsi ikan tuna. Hal ini dapat terjadi karena kandungan asam lemak omega-3 dapat mengurangi pembekuan darah. Ini berarti juga akan mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.
2. Ikan Tuna Mencegah Kanker
Yang dimaksud kanker disini bukanlah singkatan dari kantong kering atau tidak punya uang akan tetapi adalah penyakit kanker. Mengkonsumsi ikan tuna dapat mencegah beberapa jenis kanker karena mengandung vitamin E dan silenium. Dan juga kandungan asam lemak omega-3 nya dapat mencegah leukimia dan kanker payudara.
3. Ikan Tuna Menjaga Kesehatan Mata
Mata adalah jendela dunia. Untuk menjaga kesehatan mata dapat mengkonsumsi ikan tuna, asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan dapat mencegah katarak. Pada usia 50 tahun keatas anda bisa terhindar dari resiko katarak.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang bisa didapat dari ikan tuna untuk kesehatan tubuh manusia seperti menyusutkan lemak. Bahaya ikan tuna dapat diminimalisir dan kita dapat mendapatkan manfaat ikan tuna. Ikan tuna memang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, oleh karena itu jangan takut untuk makan ikan tuna asalkan tidak berlebihan dan dengan memperhatikan kondisi tubuh. Mari kita makan ikan tuna dan memperoleh manfaat ikan tuna

4 comments: