Tuesday, January 3, 2017

Potensi Pembudidayaan Tanaman Paprika Di Desa Candi Kuning






Tanaman paprika adalah jenis tanaman yang mirip cabai dan termasuk keluarga terong-terongan dan memiliki bentuk seperti tomat serta memiliki rasa pedas yang ringan. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di kawasan dataran tinggi dan dengan suhu yang sejuk (15-20 derajat celcius). Selain dapat ditanam pada lahan, paprika juga bisa dibudidayakan lewat media pot atau hidroponik. Paprika membutuhkan tanah yang remah atau gembur. Tanaman ini merupakan tanaman yang sensitif terhadap alam. Jadi, jika ingin membudidayakannya harus dengan telaten.
            Tanaman paprika tumbuh didaerah yang berdataran tinggi ,jadi tanamn ini sangat cocok jika ditanam di Desa Candi Kuning. Karena desa Candi Kuning berada didataran tinggi dan dikelilingi perbukitan. Tanamn ini juga bisa ditanam dengan cara hidroponik. Jadi, tidak perlu menggunakan lahan yang luas. Walaupun tanaman paprika bukan tanaman asli Indonesia tetapi belakangan ini banyak masyarakat indonesia menggunakannya sebagai pelengkap bumbu masakan.
            Saya rasa tanaman paprika yang merupakan jenis tanaman dataran tinggi ini memang sangat menguntungkan jika ditanam dan dibudidayakan di Desa Candi Kuning mengingat harganya yang cukup tinggi bisa sampai lebih dari Rp30.000/Kg. Mengingat desa Candi Kuning yang merupakan salah satu objek wisata di Bali maka tidak sulit untuk memasarkannya. Bahkan teknik penjualannya bisa dilakukan dengan cara pembeli memetik langsung buah paprika dari tempatnya. Tanaman ini juga bisa bersaing dengan tanaman strowberry yang juga dibudidayakan di daerah ini.
            Tanaman ini merupakan tanaman yang cepat tumbuh. Sekitar 3 bulan penanaman, tanaman paprika ini sudah bisa di panen. Dengan begitu perekonomian masyarakat di desa ini bisa meningkat dengan pembudidayaan tanaman ini. Akan tetapi produksi hasil panen dari buah ini harus dimaksimalkan mengingat tanaman ini adalah tanaman yang sangat sensitif terhadap alam. Saya rasa hal itu tidak akan terlalu sulit. Bagaimanapun setiap tanaman sama saja pasti memiliki kemudahan dan kesulitan dalam proses penanamannya.
            Itulah potensi membudidayakan tanaman paprika di desa Candi Kuning yang pastinya sangat menguntungkan bagi masyarakat di sekitar desa Candi Kuning. Jangan lupa untuk mengikuti artikel-artikel kami yang lainnya.

See you soon..

No comments:

Post a Comment